Kamis, 20 Agustus 2020 - 22:57:04 WIB
Dosen Pendidikan Matematika Melakukan pengabdian untuk pembuatan Hand Sanitizer
Diposting oleh : Admin
Kategori: Pendidikan Matematika - Dibaca: 80 kali

Virus Corona yang kini menjadi pandemi global membuat banyak orang melakukan tindakan preventif. Virus ini ditemukan di Wuhan, China pertama kali dan sudah menginfeksi 90.308 orang per tanggal 2 Maret 2020 (Yuliana, 2020). Salah satu cara mencegah penularan virus Corona adalah menjaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan dengan air dan sabun. Selain itu penggunaan hand sanitizer juga disarankan saat tidak bisa menjangkau air dan sabun. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol merupakan pilihan terbaik kedua setelah mencuci tangan dengan sabun. Penggunaan hand sanitizer dinilai mampu menonaktifkan mikroorganisme yang menempel di tangan. Menurut Asngad, dkk (2018), penggunaan handsanitizer lebih efektif dan efisien bila dibanding dengan menggunakan sabun dan air sehingga masyarakat banyak yang tertarik menggunakannya.

Sejak dikabarkan menginfeksi dua orang warga beberapa waktu lalu, kewaspadaan terhadap wabah virus corona di Indonesia kian meningkat. Imbauan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan pun selalu terdengar lantang. Mencuci tangan yang paling baik sebenarnya adalah dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Namun, pada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan, banyak orang yang mengandalkan hand sanitizer. Masalahnya, sama seperti masker, produk hand sanitizer pun mengalami kelangkaan dan kenaikan harga di pasaran. Melihat fenomena ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun membagikan formulasi berbasis alkohol khusus yang bisa digunakan untuk meracik hand sanitizer sendiri, melalui laman resminya.

Meningkatnya penggunaan inilah yang membuat stok hand sanitizer kian sulit ditemukan. Anda bahkan mungkin melihat hand sanitizer dijual dengan harga tinggi di toko online. WHO ternyata merilis formulasi untuk membuat handsanitizer sendiri. Dengan bahan kimia dan alat tertentu, Anda bisa mencoba membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Namun, penting untuk dipahami bahwa pembuatan hand sanitizer harus dilakukan orang yang memiliki pengetahuan dasar yang memadai.

Berdasarkan uraian di atas diperlukan pemahaman masyarakat agar dapat membuat hand sanitizer secara mandiri sehingga masyarakat tidak kesulitan memperoleh hand sanitizer. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan pembuatan hand sanitizer agar masyarakat memiliki keterampilan dan tidak salah dalam membuat hand sanitizer.

Tujuan

Memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam pembuatan hand sanitizer secara mandiri




0 Komentar :