Kompetensi Lulusan
Diposting tanggal: 05 Januari 2015

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

1. Kompetensi Utama

a. Menguasai konsep teoritis dan pedagogik-didaktik matematika guna mendukung pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.

b. Menguasai pengetahuan di bidang IT dalam pendidikan matematika serta mampu menguasai aplikasi software yang berkaitan dengan pendidikan matematika ataupun yang sejenis.

c. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.

d. Mampu menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, serta kritis terhadap berbagai fenomena yang berlandaskan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan untuk memberikan solusi terkait dengan bidang matematika.

e. Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan dibidang keahliannya serta mampu mengembangkan jaringan kerjasama dengan masyarakat luas.

 

2. Kompetensi Pendukung

a. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji

b. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya

c. Mampu menggunakan atau memanfaatkan aplikasi IT dalam pendidikan dan bidang sejenis.

d. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga yang menjadi tanggung jawabnya dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif dengan penuh tanggung jawab.

 

3. Kompetensi Lainnya

a. Menguasai prinsip dasar entrepreneur dalam bidang pendidikan serta mampu mengembangkan jiwa entrepreneur dalam bidang pendidikan.

b. Memiliki kemampuan berwirausaha dalam bidang IT matematika.