Optimalisasi Penggunaan TikTok sebagai Digital Marketing UMKM Desa Banjarsari, Kota Metro
Dosen Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika telah melakukan kegiatan edukasi dan pendampingan pelatihan dengan fokus pada penggunaan TikTok sebagai alat pemasaran digital bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Banjarsari, Kota Metro.
Dalam kegiatan ini, dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika berperan sebagai fasilitator pelatihan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat dan melibatkan tim fasilitator yang terdiri dari dosen seperti Nurul Farida, M.Pd, Yeni Rahmawati ES, M.Pd, Dr. Dwi Rahmawati, M.Pd, Dr. Rahmad Bustanul Anwar, M.Pd , Swaditya Rizki, M.Sc, dan lima mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.
Pelatihan berlangsung dari Oktober hingga Desember 2023 dan diikuti oleh 15 peserta UMKM di RW 01, Kelurahan Banjarsari, Metro Utara. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kualitas penggunaan TikTok sebagai alat pemasaran digital bagi UMKM. Selain itu, pendampingan dilakukan selama 3 bulan, mulai dari pembuatan akun TikTok hingga strategi pemasaran. Harapannya, melalui strategi pemasaran digital ini, UMKM di RW 01, Kelurahan Banjarsari, Metro Utara, dapat tumbuh dan mencapai konsumen di wilayah pemasaran yang lebih luas, tidak hanya di sekitar daerah mereka.
Kegiatan ini telah dipublikasikan di media massa Radar Metro dan dapat diakses melalui tautan berikut: https://radarmetro.disway.id/read/3116/um-metro-ajarkan-digitalisasi-marketing-lewat-tiktok/15